Candi Borobudur: Situs Wisata Sejarah Yang Indah

1
102
candi borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu situs wisata sejarah yang berbentuk candi budha. Tempat ini merupakan salah satu candi terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Bahkan candi ini pula termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia yang tercantum di situs UNESCO. Tempat wisata sejarah dan edukasi. Selain itu, tempat ini juga bisa dijadikan pilihan tempat wisata bagi kalian para pecinta wisata sejarah.

Bahkan karena kemegahannya dan keindahan dari arsitektur bangunnya. Sehingga banyak wisatawan dalam negeri bahkan mancanegara memilih Candi Borobudur menjadi pilihan tempat wisata keluarganya. Selain bisa melihat pemandangan yang disajikan, kalian juga bisa mendapatkan ilmu baru. Karena situs ini merupakan situs peninggalan sejarah, jadi bisa kalian pelajari dari segi arsiktektur bangunannya.

Karena candi Borobudur juga merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia, dan banyak dikenal di penjuru dunia. Maka dari itu, jika kalian merupakan salah satu penduduk Indonesia yang mencintai tanah airnya sendiri. Sebaiknya memperdalam sejarah budaya yang ada di Indonesia. Kalian bisa jadikan Candi Borobudur menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang kalian pelajari.

Sejarah Candi Borobudur

sejarah candi borobudur
Source: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Jika dilihat dari sejarahnya, Candi Borobudur ini diperkirakan dibangunan sekitar tahun 750 Masehi. Raja Samaratungga merupakan salah satu tokoh pembangunan candi ini, dan beliau berasal dari Dinasti Syailendra. Dinasti ini merupakan dinasti yang pernah besar dan berkuasa di Nusantara. Candi ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa mereka pernah ada dan pernah berkuasa.

Berdasarkan dari kajian sejarahnya, candi ini merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno. Kerajaan yang pernah berdiri di Nusantara dan menjadi salah satu kerajaan terbersar pada masanya. Pada saat itu, candi ini adalah pusat perkembangan dari agama Budha. Akan tetapi saat ini tidak digunakan kembali, maka dari itu candi ini dikenal candi Budha. Penyebab tidak dijadikannya candi ini sebagai pusat perkembangan agama Budha disinyalir karena letusan dari Gunung Merapi. Kejadian itu memaksa para penduduknya sekitar harus mencari tempat lain.

Bahkan ada beberapa yang menyatakan bahwa Candi Borobudur ini tidak lagi digunakan, ketika agama islam menyebar luas di tataran tanah jawa pada saat itu. Dengan berbagai alasan yang menyebabkan tidak digunakannya candi ini, menyebabkan candi ini menjadi sebuah bukit. Akan tetapi, mitos atau bahkan cerita banyak yang beredar di masyarakat atas salah satu peninggalan sejarah ini.

Kawasan Candi Borobudur

kawasan candi borobudur
source: garuda.industry.co.id

Jika kalian tertarik untuk mendatangi tempat ini, kalian bisa mendapatkan suguhan keindahan-keindahan pemandangan dan arsitektur yang penuh dengan seni dibuat oleh pembuatnya. Beberapa tempat di candi ini juga memiliki keunikan tersendiri, mulai dari stupa, relief atau yang lainnya. Untuk pengelompokkan zona yang bisa kalian kunjungi sebagai berikut:

  1. Kamadhatu
  2. Rupadhatu
  3. Arupadhatu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here